Minggu, 08 April 2012

Corporate Social Responsibility (CSR)


Corporate Social Responsibility (CSR)

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan CSR ?
Corporate Social Responsibility (CSR) dapat disefinisikan sebagai komitmen bisnis untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan, melalui kerja sama dengan para karyawan serta perwakilan mereka, keluarga mereka, komunitas setempat maupun masyarakat umum untuk meningkatkan kualitas kehidupan dengan cara yang bermanfaat baik bagi bisnis sendiri maupun untuk pembangunan.

2. Menurut Anda, haruskah perusahaan melaporkan kegiatan CSR mereka? Mengapa iya &
mengapa tidak ?

Sangat perlu, karena CSR dapat mengungkapkan praktek dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap para karyawan dan lingkungan sekitar. Pengungkapan tanggung jawab sosial tersebut merupakan proses pengkomunikasian efek-efek sosial dan lingkungan atas tindakan-tindakan ekonomi perusahaan pada kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat dan pada masyarakat secara keseluruhan.

3. Cari di website perusahaan (apa saja) yang melaporkan kegiatan CSR mereka ! Sebutkan dan Jelaskan bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut !

     CSR Bank DKI

     Arah dan Fokus CSR
    Corporate Social Responsibility
Bank DKI menyadari bahwa keberhasilan atas pencapaian kinerja dan prestasi selama ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat. Karenanya sebagai wujud dari apresasi atas dukungan masyarakat serta sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat di lingkungannya, berbagai kegiatan sosial telah menjadi bagian penting dari perseroan dan dilaksanakan secara berkesinambungan.
Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank DKI memprioritaskan sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan alam dan sosial kemasyarakatan menjadi bagian penting dari perseroan dan dilaksanakan secara transparan, akuntable dan berkesinambungan dengan partisipasi aktif dari karyawan dan juga melibatkan peran serta masyarakat dan instansi terkait. Hal ini sejalan dengan tujuan Bank DKI untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik serta dalam meningkatkan peran nyata Bank DKI ditengah masyarakat.


Lebih Dekat dengan Dunia Pendidik dan Pendidikan
Tidak dapat dipungkiri, pendidikan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemajuan perkembangan suatu bangsa, bisa dilihat dari kualitas pendidikannya. Guru, merupakan elemen penting dalam mencerdaskan anak-anak bangsa, calon pemimpin masa depan. Karenanya perhatian terhadap guru, khusus di DKI Jakarta, menjadi salah satu perhatian penting Bank DKI sejalan dengan komitmen Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk turut memajukan pendidikan.

CSR Sosial Kemasyarakatan
Sebagai salah satu bentuk apresiasi dan tanggung jawab kepada masyarakat, Bank DKI “memberikan kembali” dalam bentuk kegiatan-kegiatan CSR yang bertujuan untuk turut
mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui sejumlah kegiatan sosial kemasyarakatan termasuk diantaranya mendukung pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dukungan terhadap kegiatan kesenian dan kebudayaan masyarakat, serta tanggap terhadap upaya pelestarian terhadap lingkungan hidup terutama ketika ada bencana alam.

Program CSR Bank DKI kedepannya lebih terprogram dan berkesinambungan dengan memperhatikan penanganan CSR yang bersifat insidentil (crash program) untuk mengakomodasi pelaksanaan CSR bantuan bencana alam. Nantinya juga akan lebih diseleraskan dengan sejumlah program kerja Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham Bank DKI serta lebih melibatkan mass media untuk meningkatkan coverage pemberitaan Bank DKI di media massa untuk meningkatkan corporate image dan juga menggunakan pihak konsultan yang dapat dimanfaatkan untuk brainstorming dan update knowledge untuk penerapan program CSR.

Beberapa kegiatan CSR Bank DKI tahun 2012 :
23 Februari 2012
Penyaluran dana beasiswa Rp19 Miliar dari Yayasan Beasiswa DKI Jakarta melalui Bank DKI kepada 11.499 siswa/mahasiswa kurang mampu dan berprestasi serta peraih medali pada event nasional/internasional bidang olah raga, seni, sains.

22 Februari 2012
Pemberian Bantuan korban bencana alam angin puting beliung di Pulau Panggang dan Kelapa senilai masing-masing Rp 25 juta



http://www.bankdki.co.id/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=55&Itemid=63

Tidak ada komentar:

Posting Komentar